Resep Bikin adonan Sablon

Diposting oleh Navatu Clothing Jumat, 12 Juni 2009

Perlu disamakan dulu nih istilahnya.
PASTA= katakanlah sebagai adonannya (kental2 gitu saya nyebutnya pasta) ini bisa berupa Acrafon/Rubber/Foaming/Super White/lainnya.

BINDER = istilah awamnya adalah anti luntur, jenisnya ada macam2 menyesuaikan jenis kainnya. Ada binder cotton, tetron, ada binder metallic khusus untuk sablon bubuk mas/glitter.

PIGMENT= Biang warna.....biasanya cair tapi ada juga yg berupa bubuk seperti GLITTER, Brom mas, Bubuk Phospor

Intinya Kalo mau nyablon harus lengkap 3 obat ini (kecuali kalo cuma mau nyablon putih ya nggak usah pake pigment alias Rubber White dicampur binder thok).

Kalo FIXER fungsinya hanya pelengkap......boleh pakai boleh tidak sesuai namanya fungsinya adalah untuk Fixasi antara adonan diatas dengan kain.

Resep dasarnya ya seperti yang sdh saya tulis
1Kg Pasta (bisa pasta apa saja)+Binder 1/2-1ons + Pigment sesuai keinginan = SIAP SABLON.

Tentu ini bukan Resep pasti karena tiap orang pasti punya resep sendiri2, seumpama masih luntur berarti bindernya kurang atau bindernya tidak cocok, seumpama mblobor berarti adonannya terlalu encer...dlll dikutak katik sendiri deh.....
semoga membantu......

10 komentar
  1. Unknown Said,

    owhhh... pantesan belakangan sablonan ku banyak yang komplain (luntur/pecah)

    kalo saya dari dulu g pakai binder,, hanya pakai fixer,,, tp dulu2 (3th yg lalu) sablonan saya aman2 aja... bertahan sampai 2th lebih baru pecah...
    tp sekarang kok langsung pecah2... padahal pasta ruber nya sama


    mohon pencerahan nya

    Posted on 24 Agustus 2016 pukul 12.47

     
  2. Unknown Said,

    Hawa, cuaca, suhu waktu nyablon juga pengaruh mas

    Posted on 23 Oktober 2016 pukul 04.09

     
  3. Unknown Said,

    Hawa, cuaca, suhu waktu nyablon juga pengaruh mas

    Posted on 23 Oktober 2016 pukul 04.10

     
  4. Unknown Said,

    Pakai tinta FUJI RUBBER, garansi pecah mas, uang kembali. Saya sudah pernah pakai sendiri. Bener2 ga pecah lo mas.

    Posted on 8 Oktober 2018 pukul 08.57

     
  5. Unknown Said,

    Pakai tinta "FUJI RUBBER" aja kang, ada Garansi anti pecah. Jadi kita aman nyablon nya. Di Facebook sudah rame diperbincangan.

    Posted on 20 Oktober 2018 pukul 06.32

     
  6. Unknown Said,

    Kalau pakai tinta "FUJI RUBBER" ga pengaruh cuaca mas. Cabang saya sudah pakai di Bandung & Jakarta. Saya beli di Facebook & Bukalapak.

    Posted on 20 Oktober 2018 pukul 06.35

     
  7. Unknown Said,

    apa saja yang diperlukan untuk mencampur bubuk metalic,gold/silver agar kuat dan mengkilat,dg aplikasi kuas lukis pada kain? mohon petunjuk para master

    Posted on 28 November 2018 pukul 19.19

     
  8. Mas saya melukis di jaket jeans pake biang warna+rubber,terus hasilnya pecah2,umpamanya klo saya melukis lagi,pake biang warna+rubber+fixer,hasil gimana mas?minta pengarahannya👃

    Posted on 2 Februari 2019 pukul 06.46

     
  9. Unknown Said,

    Saya ingin bertanya kak, binder yang saya beli bersifat doff dan itu sangat kental... apakah boleh di campurkan dengan air biasa ? Catnya untuk daya simpan 15 hari kak, apakah akan ada pengaruh menjamur ?

    Posted on 19 Desember 2020 pukul 16.00

     
  10. Unknown Said,

    Kalo pengalaman saya, sekarang mah soal harga bos, masalah nya sudah banyak suplayer tinta

    Posted on 26 Januari 2021 pukul 06.07

     

Posting Komentar

PAKET 3 in 1

Posted by NAVATU
06-12-09

DIGITAL DISTRO

Posted by NAVATU
06-12-09

CUTTING STIKER

Posted by NAVATU
06-12-09

SAATNYA JD PENGUSAHA

Posted by NAVATU
06-12-09

JGN SPELEKAN IMAJINASIMU

Posted by NAVATU
06-12-09

CHEATERS


ShoutMix chat widget

Friendship

Order Sekarang Juga »
Bingung buat kaos dengan desain sendiri? Temukan solusinya di kami. Mudah, Bergaransi, Berkualitas, dan Terjangkau. Tunggu Apa lagi ?!!
http://www.navatuproduct.blogspot.com